Selasa, 03 Februari 2015

CARA MEMBUAT NDVI



Kali ini ak mau share agak sedikit menyimpang dari peredaran cerita sebelum-belumnya. Aku mau cerita kegalauanku membuat yang namanya NDVI. Bukan menceritakan apa itu NDVI, ente ente bisa search aja di google, udah banyak penjelasannya, udah basi…

Nah disini aku mau share yang belum ada di google (selama aku mencari tau yah) yaitu:  langkah langkah membuat NDVI landsat 8 di ERDAS”.

Oke, langsung aja buka ERDAS
sengaja nampilin backgroundnya, narsis bentar...
Klik Modeler - Pilih Model Maker, trus buat kayak gini:


Caranya:

1. Dobel klik nomor 1 trus masukkan peta citra landsat 8 yang band 4.   
Nb: boleh yang sudah di reproject at belum tapi kalo belum hasil akhir harus di reproject yah..

2. Dobel klik nomor 2 trus masukkan peta citra landsat 8 yang band 5.
  
3. Dobel klik pada simbol bulat (3) dan masukkan rumus Band 5 – Band 4 (di klik aja yang tertera pada layar).

4. Dobel klik pada simbol bulat (4) dan masukkan rumus Band 5 + Band 4.

5. Dobel klik simbol No. 5. Centang checkbox Temporary Raster Only (artinya tidak akan membuat file secara fisik tapi menyimpannya sebagai memori saat proses). Pilih tipe Float, biarkan sisanya.

6. Lakukan seperti nomor 5.

7. Dobel klik simbol bulat no. 7, pilih Conditional, dobel klik rumus EITHER <arg1>…..dst lalu buat rumus yang menghitung input dari nomor 3 dan 4.
    Ganti aja
EITHER <arg1> IF ( <test> ) OR <arg2> OTHERWISE

    menjadi
EITHER 0 IF ($n6_memory == 0.0) OR $n5_memory / $n6_memory OTHERWISE

Nb. Hati hati penspasian dan penamaan dalam  erdas gak usah pake spasi kalo mau pake underscore aje _

8. Dobel klik No. 8 untuk membuat file akhir output NDVI, ingat data harus di save dengan baik yah… Intinya ingat narok filenya dimana…

9. Klik tanda kayak halilintar di layar model makernya. Artinya hasil NDVI akan run dan processing. Tunggu aja..

10. Liat hasilnya
Klik viewer – open file – pilih recent (artinya data yang terkahir diproses akan muncul paling atas) – OK – klik kanan pada layar viewernya -  Fit Image To Window (untuk menampilkan petanya sesuai dengan layar viewer).
11. Kalo peta citra per band nya belum di reproject, boleh hasil NDVI nya di reproject, caranya: 
Data preparation – reproject images - input file (hasil NDVI) – output file (save file di folder yang diinginkan) – Categories pilih UTM WGS 84 South – Projection pilih UTM Zone 48 – OK 

Nb: kategoris dan proyesi disesuaikan dengan wilayah peta yang digunakan. Dalam membuat ini aku menggunakan Landsat 8 OLI/TIRS wilayah jawa barat. 

Finish… selamat menganalisis NDVI (^_^)




3 komentar: