Rabu, 19 Maret 2014

Kencing Sembarangan



Jepang memang indah dengan banyak taman dengan desain yang simple tapi usefull banget. Taman disini gak banyak gaya, gak ada itu namanya konsep-konsep, cuma beralaskan pasir, ada tempat duduk, banyak permainan anak2, dan pohon yang sudah ada. Taman di Jepang tidak pernah sepi, pasti selalu ada yang menggunakannya, walaupun hanya sekedar duduk-duduk. Need you to know, taman di Jepang kebanyakan selalu menyediakan toilet mini dan tempat water drinking. 


Ehhh disini aku bukan menjelaskan tentang taman Jepang. 

Aku disini melihat kebiasaan orang Jepang yang super sopan menurutku. Sepele tapi ngenes banget. Orang Jepang siapapun itu gak tua, gak yang muda, anak kecil, kalo udah kebelet kencing atau pipis pasti lari ke toilet umum, ato mencari taman. Banyak yang bermobil, dan memarkirkan kenderaannya dulu trus kencing di toilet yang disediakan.

Keselnya aku beda banget dengan kebanyakan orang Indonesia, terutama supir angkot, truk, dll. Suka banget kencing sembarangan. Sering terlihat kencing dibalik mobilnya. Ihhh jijik banget. Okelah mungkin tidak ada toilet yang disediakan di dalam taman di Indonesia. Tapi kan banyak toilet yang tersedia di mushola ato di masjid, yang jarak berapa langkah banyak ditemukan di Indonesia. Ato juga banyak bertebaran pom bensin yang ada toiletnya.. 


Gak ada ceritalah untuk kencing sembarangan…. 

Yahh, keselnya lagi tuh.. yah di Indonesia tuh kan kebanyakan notabennya muslim, seharusnya lebih mempunyai adap dan berprilaku sesuai dengan agama dong. Kalo gak tau malu dengan orang lain, yahh takut kek ama Tuhan. Orang Jepang aja yang kebanyakan ateis, kalo masalah yang sepele gini “tau malu”.  

1 komentar: