Jumat, 07 Maret 2014

KISAHKU DI NEGERI ORANG




 (4 maret 2014) 

Pada hari ini dimana aku memulai perjalanan panjang. Aku tak menyangka dapat kesempatan seperti ini untuk kedua kalinya. “Aku akan kembali lagi ke Jepang”. Tapi kali ini beda dengan yang pertama aku ke Jepang. Ini kepergianku dalam jangka waktu yang cukup lama (hmm 7 bulan => 2 bulan lagi melahirkan, haha) dan I’m alone, single fighter. 

Dengan penuh perjuangan untuk mendapatkan tiket termurah, aku menggunakan Tiger airways dengan harga paling murahhh yaitu Rp. 2.369.698 ditambah bagasi mencapai 30 kg ± Rp. 368.000.. horeee. 

(nb: sebagai pengalaman untuk berikutnya, tambahan bagasi yang untuk scoot air line gak usah bayar lagi, kalo udah ngeklik TIGER CONNECT). Jadi intinya barang bagasi kita sudah langsung di masukkan ke pesawat selanjutnya oleh petugas. Jadi tidak akan dilakukan check bagasi lagi.
 

Tapi ibarat kata “ada barang ada harga”,  yahh itu yang murah harus berani ribet. Aku transit dua kali. 

Aku berangkat dari CKG jam 17.50 sampai di SIN jam 20.55 dengan tiger air, dan penerbangan berikutnya dengan maskapai yang berbeda jam 00.55 SIN- 06.40 Taipei naik SCOOT AIRLINE, lanjut lagi 07.40 Taipei – 10.40 akhirnya sampai di Narita naik flyscoot di hari berikutnya pada tanggal 5 maret 2014 (jam menyesuaikan negara). 
Saat mau pergi, inilah perasaan campur aduk senang ato sedih. Seharian aku hampir mendapat telpon dari babah dan mamak secara bergantian menanyakan aku jam berapa berangkat, naek apa ke bandara, siapa yang ngantarin, n bla bla bla. Nah saat detik detik terakhir ketika aku mau masuk ke dalam bandara, saat terakhir aku menggunakan kartu telponku, ini lah yang sangat menyedihkan mendengarkan suara mamakku menahan tangis. Aku berusaha menguatkan diri dan bilang “janganlah menangis mamak, doakan aja aku”.. huft (berusaha kuat tapi hati menangis). Nah, saat di ruang tunggu dalam bandara, saat sendiri gak kebayang dah di dalam toilet saat inilah aku menangis mengenang keluarga yang bakal ditinggal dalam waktu lama dan juga mungkin susah untuk berkomunikasi terutama mamakku. I’ll miss you so much, mom.
ini pas mau berangkat menuju bandara Soeta

Sedihnya sudah disitu aja, jangan lama-lama. Life must go on. Husshhh pesawatnya capcus dan tiba di tempat transit pertama. “Changi Intl Airport in SINGAPORE”. Walo aku mengenal banget singapur seperti apa, tapi ini pertama kalinya aku menginjakkan kaki di Changi. Wow.. bandaranya kece banget dah. Arahnya teratur dan jelas, terus ada kursi pijatnya, internet dimana-mana. Pokoknya enak banget. Kayak berjalan di Plaza Indonesia. Semuanya brand it. Kinclong di mata, seret dihati gak bisa ngebeli. Someday I will. 

ini udah nyampe di Changi

Tapi inilah gak enaknya di negeri orang, tidak sebebas kayak di negeri sendiri. Di Singapur aja aku udah mulai merasakan kesusahan dalam bersuci dan mencari tempat sholat. Toilet di bandaranya gak ada aer bookkk.. aduhhh matihe. Untung aja aku bawa tisu basah. Allahualam, Allah juga tahu aku solat aja dengan mungkin keadaan yang “kotor”.
Semalaman di dalam pesawat untuk penerbangan selanjutnya. Welcome to Taipei, hanya waktu yang singkat. Tapi setidaknya aku udah pernah ke bandaranya.^_^ Haha…
Oke next flight, finally Welcome to Narita…… Asikkkkk akhirnya nyampai juga.


Finally Narita ^_^

Nantikan kisah selanjutnya,
To be continued :P

7 komentar:

  1. sampe skarang aku belum ada kegiatan, jadi belum tau sukses ato nggak

    BalasHapus
  2. mba waktu transit di taipei ga butuh visa taiwan? saya rencananya juga mau ke jepang pake tiger terus scoot tp masih cari2 reverensi bagus tidaknya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear. Hana.. Sorry aku baru baca blog lagi, hehehe.. sok sibuk.. Semoga tidak terlambat membalas,

      Kalo kamu cuma transit aja tanpa keluar dari bandara taiwan tidak melewati batas imigrasi, tidak usah perlu buat visa taiwan, cuma duduk manis aja nunggu di dalam bandara, hehe. tapi kalo itu transitnya lama dan kamu mau ke luar jalan2 di sekitar bandara Taiwan, berarti harus buat visa taiwannya.

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. halo kak, itu kan transit di sg sama taipei, nah itu check innya pas di jakarta aja apa pas di sg sama taipei pake check in lagi? btw ka ami balik indonesia pake maskapai apa? thank you

    BalasHapus
  5. Dear Widya.. maaf banget telat banget ya balasnya...
    Kalo masih membutuhkan infonya, ini jawabanku.. berdasarkan pengalamanku aja ya jawabnya.
    Check in cuma di Jakarta aja, tapi nanti pas di Singapur dan Taipei kita lapor untuk transit (prosesnya hampir mirip sih dengan check in). Perhatikan di tiket tempat check in nya di mana?? kalo udah nyasar nanya aja ama petugas, tapi usahakan pake bahasa inggris at tunjukkan aja tiketmu.

    Waktu itu aku beli tiket one by one, jadi pas pulang aku naik air asia, tapi memang agak ribet, soalnya kalo kita beli tiket dr jepang-indonesia kita harus punya kartu kredit yang ditentukan oleh maskapainya, karena pembayarannya tdk dengan rupiah. Kalo udah tau jadwal pulangnya kapan, sebaiknya beli tiket sudah PP aja.

    BalasHapus